Dasar Sistem Komputer

1. Dari Bit Ke informasi
Sejak diciptakan pertama kali, komputer berkerja atas dasar sistem biner. Sistem biner adalah sistem bilangan yang hanya mengenal dua macam angka yang disebut dengan istilah bit (binary digit), berupa 0 dan 1. Hanya dengan dua kemungkinan bilangan inilah komputer dapat menyajikan informasi yang begitu berguna bagi peradaban manusia.
Bit-bit dapat digunakan untuk menyusun karakter apa saja. Istilah karakter dalam dunia komputer berarti:
1) huruf, misalnya A dan z,
2) digit, seperti 0, 2 dan 9,
3) selain huruf maupun digit, seperti tanda + serta & dan bahkan simbol seperti $.

Sebuah karakter dinyatakan dengan 8 bit ataupun 16 bit. Himpunan kode yang digunakan untuk menyatakan berbagai karakter dibahas pada postingan yang berjudul Sistem Pengkodean Karakter.
Kemungkinan nilai pada sebuah sistem biner yang berupa 0 atau 1 dinyatakan dalam sistem komputer dengan metode saklar yang hanya mengenal keadaan hidup atau mati. Keadaan hidup menyatakan nilai 1 dan keadaan mati menyatakan nilai 0. Sebagai contoh, dengan menggunakan 8 buah saklar maka akan didapatkan 256 (28) kemungkinan nilai. Sekalipun komputer bekerja atas dasar sistem biner, pemakai awam bekerja dengan perspektif yang berbeda. Pada prinsipnya pemakai awam tidak perlu tahu tentang sistem biner. Sebagai contoh, seorang pemakai yang ingin melakukan perhitungan 10 + 2 ataupun menuliskan tulisan "Hai" tetap berorientasi pada sistem yang biasa digunakan manusia. Pemakai tidak perlu tahu bentuk biner dari huruf H ataupun bentuk biner dari digit 2. Secara internal komputerlah yang mengubah bentuk representasi manusia ke dalam sistem biner dan selanjutnya komputer menyajikan informasi dalam bentuk simbol-simbol yang biasa digunakan manusia.
2. Satuan Data
Satuan data dalam sistem komputer penting untuk ketahui. Harddisk, Flasdisk yang kita gunakan mempunyai kapasitas yang dinyatakan dalam byte, misalnya 120 Giga byte. Satuan data terkecil dalam sistem komputer adalah bit (binary digit) / angka biner. Di atas satuan bit terdapat byte, kilobyte, megabyte, gigabyte, terabyte dan petabyte. Kita juga peranah mendengar istilah kilobit, megabit. Istilah ini biasanya dikaitkan dengan kecepatan transfer data, misalnya 100 mbps (megabit per second). Baiklah, kali ini saya akan menunjukkan satuan-satuan data dalam sistem komputer.

Byte
Merupakan satuan yang digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Dimana satu karakter sama juga dengan 8 bit.

Kilobyte 
Kilobyte merupakan tingkatan di atas byte, dimana 1 kilobyte = 1024 byte. Satuan Kilobyte disingkat dengan KB.

Megabyte
1 Megabyte = 1024 Kilobyte atau sama dengan 1024 x 1024 = 1.048.576 byte. Satuan ini disingkat dengan nama MB.

Gigabyte
1 Gigabyte = 1024 Megabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 = 1.073.741.824 byte. Satuan ini dapat kita jumpai dalam kapasitas Hardisk. Satuan Gigabyte disingkat menjadi GB.

Terabyte
1 Terabyte = 1024 Gigabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 x 1024 = 1.009.511.627.776 byte. Dapat kita jumpai dalam kapasitas harddisk dan memori pada komputer mainframe. Satuan ini disingkat dengan TB.

Petabyte
1 Petabyte = 1024 Terabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 = 1.125.899.906.842.624 byte. Satuan ini disingkat dengan PB.

Exabyte
1 Exabyte = 1024 terabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 = 1.152.921.504.606.846.976 byte. Satuan ini disingkat dengan EB.

Zettabyte
1 Zettabyte = 1024 Exabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 = 1.180.591.620.717.411.303.424 byte. Satuan ini disingkat dengan ZB.

Yottabyte
1 ottabyte = 1024 Zettabyte atau sama dengan 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 x 1024 = 208.925.819.614.629.174.706.176 byte. Satuan ini disingkat dengan YB.

3. satuan waktu dan frekuensi
bagi manusia 1 detik merupakan waktu yang sangat cepat,tapi tidak dengan komputer,kecepatan komputer dalam memproses sebuah data sangatlah tinggi. orde waktu yang digunakan untuk mengerjakan sebuah instruksi jauh di bawah 1 detik.
itulah sebabnya terdapat beberapa satuan waktu yang perlu anda ketahui,sebagaimana terlihat pada penjelasan di bawah ini:
Satuan
Ekivalen
Milidetik
Microdetik
Nanodetik
Pikodetik
1/1000 detik
1/1000000 detik
1/1000.000.000 detik
1/1000.000.000.000 detik
satuan lain yang banyak disinggung dalam sistem komputer adalah sebuah untuk frekuensi. Frekuensi diukur dalam satuan herz. Frekuensi berati jumblah,sirklus dalam satu detik.1 herzberarti bahwa dalam detik terbentuk sebuah sirkus. Ukuran frekuensi lebih besar yaitu, kiloherz dan megaherz. 1 kiloherz(KHz)=100herz(Hz), dalam 1 megaherz (MHz)=1000kiloherz.

4. Komponen CPU
4.1 Motherboard 

Motherboard   adalah   papan   utama   dari   sebuah   CPU   yang   berupa   PCB   (   Printed CircuitBoard)  dan  menampung  banyak  komponen  didalamnya  yang  berupa konekor, soket, chip, dll.
Di motherboard kita mengenal beberapa teknologi yaitu:
Nama
Ketererangan
AGP
(Accelerated Graphics Port )
Sebuah   soket   khusus  untuk  video   card,  AGP  sudah jarang digunakan pada tahun 2004 karena telah diganti oleh PCIe
SATA ( Serial Advanced
Technology Attachment )
konektor   untuk   mengkoneksikan    antara   komponen seperti  hardisk dan  DVD-ROM  dengan  motherboard. SATA dibuat untuk menggantikan teknologi ATA.
Chipset (chips)
Potongan  potongan  kecil silikon yang digunakan  untuk menyimpan informasi, dan instruksi komputer. Setiap komponen komputer memiliki paling tidak sebuah chip didalamnya.   Chipset   pada   motherboard mengontrol input dan output yang mendasar dari komputer.
FSB (Front Side Bus)
Pada   microprocessor,FSB    menghubungkan   processor dengan memory utama dan juga digunakan untuk mengkomunikasikan  antara  processor  dengan komponen lainnya yang ada di motherboard.
IDE (Integrated Drive
Electronic)
Sebuah    tipe    hardware    interface     yang    berfungsi menghubungkan hardisk, CD-ROM dan drive tape ke motherboard.
LGA (Line Grid Array)
Salah   satu  ukuran   untuk  menempatkan   antara motherboard,power supply, dan casing.
Panel konektor 
Konektor  yang  menghubungkan   CPU  dengan  Storage (USB  stick,  HDD  ext,  DVD-ROM  ext,dll),  usb  terbaru hadir dengan versi 3.0.
PS/2
Konektor   yang   menghubungkan   antara  CPU  dengan keyboard dan mouse.
D-sub,DVI,HDMI
Sebagai            konektor            penghubung            dengan monitor, projector. Khusus HDMI sebagai penghubung kecepatan tinggi dengan monitor Full HD.
Audio Jack
Soket   untuk   piranti   yang   berkaitan   dengan   suara contohnya mic, speaker, dll.
RJ-45
Jika  sebuah  motherboard  memiliki  ethernet  onboard, maka akan memiliki rear panel RJ-45 untuk menghubungkan  CPU  dengan  host(  berupa switch,CPU,dll)
4.2 Processor
Processor adalah chip utama dari CPU yang mengolah instruksi/perintah yang berisi perintah logia, hitungan, dan piranti masukan dan keluaran dari komputer. Processor dapat juga disebut “otak” dari CPU. Dua komponen utama processor adalah ALU (Arithmetics Logic Unit) yang memproses aritmatika dan logika. CU (Control Unit) yang mengambil intstruksi/perintah dari memori lalu membaca sandi tersebut dan dilaksanakan. Komponen prosesor yaitu :
  • Unit kontrol yang mampu mengatur jalannya program. Komponen ini sudah pasti terdapat dalam semua CPU.CPU bertugas mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Bila ada instruksi untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit kendali ini adalah:
    o Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
    o Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
    o Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
    o Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU.
    o Menyimpan hasil proses ke memori utama.
  • Register merupakan alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, yang digunakan untuk menyimpan data dan/atau instruksi yang sedang diproses. Memori ini bersifat sementara, biasanya di gunakan untuk menyimpan data saat di olah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya. Secara analogi, register ini dapat diibaratkan sebagai ingatan di otak bila kita melakukan pengolahan data secara manual, sehingga otak dapat diibaratkan sebagai CPU, yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan perhitungan dan perbandingan logika.
  • ALU unit yang bertugas untuk melakukan operasi aritmetika dan operasi logika berdasar instruksi yang ditentukan. ALU sering di sebut mesin bahasa karena bagian ini ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi  program.  Operasi  logika  meliputi  perbandingan  dua  operand  dengan menggunakan  operator  logika tertentu,  yaitu sama dengan  (=), tidak sama dengan  (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ).
  • CPU  Interconnections adalah   sistem   koneksi   dan  bus  yang  menghubungkan komponen  internal  CPU,  yaitu  ALU,  unit  kontrol  dan  register-register  dan  juga dengan  bus-bus  eksternal   CPU  yang  menghubungkan   dengan  sistem  lainnya, seperti memori utama, piranti masukan /keluaran.
4.2.1 Cara Kerja Processor
Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices,  pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage);  apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage,  namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage).  Jika register siap untuk menerima  pengerjaan  eksekusi,  maka Control  Unit akan mengambil instruksi  dari  Program-storage  untuk  ditampungkan  ke Instruction  Register,  sedangkan alamat   memori   yang   berisikan   instruksi   tersebut   ditampung   di   Program   Counter. Sedangkan  data  diambil  oleh  Control  Unit  dari  Working-storage  untuk  ditampung  di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator.  Apabila hasil pengolahan  telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan   keseluruhan    telah   selesai,   maka   Control   Unit   akan   menjemput   hasil pengolahan  dari Working-storage  untuk ditampung  ke Output-storage.  Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices

Istilah dalam processor

Istilah Keterangan
Clock sebuah hitungan dalam (Hz,MHz,GHz) yang menyatakan ruang proses dari processor tersebut.
Cache memory memori kecil berkecepatan tinggi untuk mengurangi waktu dari mengakses memori.
Core voltage voltase dari power supply yang dialirkan ke CPU,GPU atau komponen lainnya yang menggunakan processor atau besarnya power yang dibutuhkan oleh processor.
Overclock sebuah cara meningkatkan kinerja processor dengan menaikkan clock.
TDP (Thermal Design Power) hitungan besarnya listrik yang dibutuhkan processor untuk beroperasi.
Stepping karena desain sebuah processor tidak ada yang sempurna, jadi diadakanlah teknologi steppinguntuk mengurangi kesalahan dari penggabungan processor dan chipsetnya.
Core Ini dari sebuah processor, jika sebuah processor memiliki lebih dari 1 core(multicore) , maka processor tersebut memiliki lebih dari 1 thread. Walaupun dari sisi hardware tetapi dari kecepatannya seperti memiliki beberapa processor.
Thread Tempat yang digunakan processor untuk memproses data.
Hyper-Thread Teknologi intel terbaru yang memungkinkan sebuah core memiliki 2 thread, teknologi ini dipublikasikan januari 2011. Hanya processor Core i 2nd Gen (Sandybridge), contoh Core i3 2nd gen yang memiliki 2 core tetapi memiliki 4 thread.
Cooler berfungsi sebagai pendingin yang berada di atas processor.
Passive heat-sink
pendingin yang hanya menggunakan sebuah bahan metal yang memperluas transfer panas dari sebuah processor.
HSF (Heat-Sink Fan) Menggunakan sebuah bahan metal diatas processor tetapi dengan kipas tambahan dengan begitu, setelah panas menyebar akan didinginkan oleh kipas tersebut.
Water Cooling Pendingin yang sangat bagus karena menggunakanair sebagai pendingin dengan cara mengalirkannya melalui selang yang dialirkan oleh radiator dan di atas processor dipasang water block.
Liquid Nitrogen Pendingin yang ekstrim untuk super computer atau komputer yang sedang di overclock yang mempunyai suhu -196°C dengan memasang pipa almunium diatas processor atau video card.
Liquid Helium pendingin yang lebih bagus dari liquid nitrogen,dengan
suhu -269°C dengancara yang sama yaitu memasang
pipa almunium diatas processor.

Soket processor dan processornya :
Processor
Soket
Celeron
Pentium 4
Pentium D
Dual Core
Core 2 Duo
Core 2 Quad
Core 2 Extreme
Xeon
LGA 775
Core i3 (Clarkdale)
Core i5 (Lynnfield)
Core i7 (Bloomfield)
LGA 1156
Core i3 2nd gen (Sandy Bridge)
Core i5 2nd gen (Sandy Bridge)
Core i7 2nd gen (Sandy Bridge)
LGA 1155
Core i7 9XX
Core i7 XE (Extreme Edition)
LGA 1366
AMD Sempron
AMD Athlon
AMD Phenom
AMD Sempron II
AMD Athlon II

AM2+
AMD Athlon II
AMD Phenom II
AM3


4.3 Expansion Card (kartu tambahan)
Expansion Card (kartu tambahan) Adalah  komponen  yang  ditempatkan  di  PCI/PCIe.  Ada  yang  berfungsi  untuk  jaringan, grafis, audio, usb, dll.
Istilah
Keterangan
NIC (Network Identified Card )
kartu     jaringan     yang     berfungsi     menghubungkan komputer dengan komputer atau alat lainnya ( switch, PC, dll).
Soundcard
agar   komputer   dapat   mengeluarkan   output   suara, maka komponen soundcard adalah komponen yang penting soundcard sudah jarang digunakan karena kebanyakan motherboard terbaru sudah meng- integrasikan soundcard didalamnya
VGA(Video Graphics Adapter)
komponen   yang  berfungsi  mengolah  gambar  untuk CPU yang dialirkan ke monitor.
GPU (Graphics Processing
Unit)
Sebuah  hasil  dari  pengembangan  VGA(Video  Graphic Adapter) dengan menambahkan CUDA processor (nVIDIA) atau Stream Processor (ATI Radeon). GPU merupakan alat output dan processing, karena menghasilkan  output  display  ke  monitor  dan memproses  grafis.  Selain  grafis,  ternyata pengembangan  GPU tidak hanya sampai itu saja. GP- GPU   (General   Purpose   Graphical   Processing   Unit) adalah  cara  dari  GPU untuk  memproses  data  seperti halnya sebuah processor, pengembangan ini belum sempurna.  Oleh  karena  itu  hanya  beberapa  aplikasi saja  yang  bisa  dijalankan   oleh  GPU.  GPU  pertama adalah nVIDIA GeForce 256.
CUDA / Stream
Sebuah   cara   untuk   menjalankan   program   dengan GPU,CUDA  dari nVIDIA dan ATI Stream dari AMD ATI Radeon.
3D Vision
teknologi   3D   dari   nVIDIA   yang   bersyarat   dengan menggunakan videocard nVIDIA, dan monitor yang berfrekuensi 120Hz dengan teknologi kjabso.
SLI/ATI Crossfire
cara   untuk   menggabungkan   dua  graphic   card   dan menggunakan kabel SLI. Dengan syarat motherboard memiliki  2  PCIe  gen  2.0  dengan  dukungan  SLI  dan power supply yang mendukung caranya, ATI Crossfire memiliki teknologi .

4.4 RAM (Random Access Memmory)

RAM (Random Access Memmory) adalah media penyimpanan secara sementara untuk di proses sebuah  processor.  Beda  antara  RAM  dengan  memory  ROM  yaitu  pada  saat CPU mati, maka data yang berada di RAM akan menjadi kosong.
Pertama  kali  dikenal  pada  tahun  60'an.Hanya  saja  saat  itu  memori  semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.
Perusahaan  semikonduktor  seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi  RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.
Biasanya  RAM  dapat  ditulis  dan  dibaca,  berlawanan  dengan  read-only-memory  RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan  primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.
Tetapi ada juga yang berpendapat  bahwa ROM merupakan  jenis lain dari RAM, karena sifatnya  yang  sebenarnya  juga  Random  Access  seperti  halnya  SRAM  ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
Generasi
Tipe
Frekuensi
SDRAM PC 100
PC 133
100 MHz
13 MHz
DDR DDR-333
DDR-400
166 MHz
200 MHz
DDR2 DDR2-677
DDR2-800
DDR2-1066
333 MHz
400 MHz
533 MHz
DDR3 DDR3-1066
DDR3-1333
DDR3-1375
DDR3-1600
DDR3-2000
533MHz
666 MHz
687 MHz
800 MHz
1000 MHz
Adaapun istilah dalam RAM, yaitu:
Access Time, Timing yaitu pengukuran  waktu dalam nano second(ns) yang digunakan untuk menghitung kecepatan dari RAM.
CAS (Column Address Strobe) latency yaitu waktu tenggang saat memory controller mengakses chip RAM.  Pada  saat  waktu  tenggang  tersebut  dilakukan proses  pemberian  lokasi  output  pin, pada  tipe DRAM, tenggang waktu dihitung dengan nano detik (ns).

4.5 ROM (Read Only Memmory)
ROM (Read Only Memmory) adalah media penyipanan secara permanen yang jika data sudah dimasukkan maka akan terus berada di media tersebut contoh BIOS (Basic Input Output System). Secara umum, fungsi dari BIOS adalah sebagai berikut :
  • mengatur piranti masukan, piranti keluaran, processor, RAM.
  • Melakukan POST (Power On Self Test) yaitu pengujian terhadap perangakat keras dari CPU pada saat pertama dinyalakan.
  • Menentukan drive yang digunakan untuk boot seperti hardisk, CD-ROM. Konfigurasi dari BIOS akan disimpan di CMOS, yaitu jenis chip yang memerlukan listrik dari baterai. Contoh konfigurasi yang ada di CMOS adalah  tanggal, jam, first boot, dll.
4.6 Media Penyimpanan.
Ada berbagai macan istilah dalam media penyimpanan, seperti:
  • Storage, yaitu media   penyimpanan    untuk   menyimpan    data   data, seperti OS. Contoh storage adalah Hardisk dan SSD (Solid State Drive).
  • Hardisk, yaitu media   penyimpanan    dengan   menggunakan    metode piringan dan alat.
  • SSD (Solid State Drive), yaitu Alat  penyimpanan  data  yang  menggunakan  solid  state memory sebagai penyimpanan  data. SSD menggunakan konektor  yang  sama  dengan  hardisk  yaitu  SATA.  SSD tidak menggunakan alat yang bergerak.
  • Capacity (kapasitas), yaitu besaran untuk menentukan  seberapa banyak data yang bisa ditampung.
  • Access time, yaitu waktu  yang  dibutuhkan  untuk  dapat  mengakses  data yang dibutuhkan dari keadaan diam(idle) hingga mendapat data tersebut.
  • Bad Sector, yaitu bagian dari storage yang rusak dan tidak bisa diisi.
  • AT/ATX/Micro ATX, yaitu interface yang digunakan power supply ke motherboard.


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar